Ada Patai Di aceh gan

Selat malaka yang terhampar luas menjadikan salah satu provinsi ini memiliki hamparan laut luas yang langsung yang membentuk garis pantai yang indah dengan pasir putih dan ombaknya yang bergulung-gulung. Tidak mengherankan provinsi banda aceh menjadi salah satu tujuan wisata bahari yang harus kita masukkan dalam daftar traveling kita.

 Pantai adalah daya tarik yang menyenangkan bagi wisatawan, salah satunya Pantai Tunggul Indah, hamparan alamnya yang masih alami, asri dan bersih pasir putihnya yang halus, batu karangnya yang besar dan indah hasil dari tsunami 2004 di aceh menjadikan pantai ini memilki keunikan tersendiri, bagi yang suka memancing di sini salah satu tempatnya dan penghobi renang silahkan nikmati pantai ini sepuasnya tapi jangan sampai anda tenggelam. Tetapi di mana lokasinya dan bagaimana kita dapat mencapai pantai ini?

Pantai Tunggul Indah

Masihkah kita menyimpan atlas indonesia dan dunia ? Kalau masih mari kita buka peta provinsi aceh dan kita perhatikan dengan seksama di mana lokasi pantai, sudah terlihat bukan sebuah pulau yang terpisah jauh dari daratan aceh. Pantai ini berlokasi di Kabupaten Simeulue,Desa Busung, Kec.Seumeleu Timur, sekitar 12 km dari Kota Sinabang. Tidak perlu khawatir kita dapat mencapai pulau dengan pesawat, dari cengkareng kita dapat naik pesawat menuju medan dengan tarif sekitar 650.000-1.100.0000 ribu rupiah, dari medan kita akan meneruskan perjalanan menuju sinabang dengan menggunakan pesawat foker atau cessna harga tiket yang ditawarkan berkisar antara 500.000-800.000 rupiah dengan lama perjalanan selama 1 jam. Tapi bagi yang ingin sedikit menurunkan biaya perjalanan bus akap siap mengantarkan anda menuju medan. Dengan angkutan umum ataupun menyewa kendaraan pribadi kita masih harus menempuh 12 jam perjalanan dari medan menuju tapak tuan, setelah sampai pelabuhan tapak tuan kita bisa naik Kapal ferry teluk sinabang dengan membawa serta kendaraan pribadi kita. Tarif yang cukup bersahabat sebesar 75.000 rupiah akan membawa kita mengarungi lautan indonesia selama 8 jam sebelum akhirnya merapat menuju dermaga pelabuhan kapal feri, Kuta Batu, Kecamatan Simeulue Timur. Menuju pantai tunggul indah bisa dengan menggunakan becak motor. Bagi yang senang naik sepeda motor terdapat persewaan di pulau ini tarifnya berkisar antara 80.000-100.000 perhari dan bagi yang tidak mau kepanasan tersedia mobil dengan tarif 400.000 rupiah.

Pantai Tunggul Indah

Akomodasi Menuju Tunggul Indah

Jangan khawatir dengan akomodasi, cukup banyak hotel bertebaran di pulau ini. Hotel-hotel tersedia di kota sinabang, tinggal pilih saja kisaran tarif per kamar permalamnya antara 100.000-250.000 rupiah. Mau fun di pantai tenang pihak hotel memberikan fasilitas penyewaan peralatan renang dan surfing bisa kita pergunakan. Jarak 12 km dari kota sinabang menuju pantai tunggul indah bukanlah sebuah masalah dengan perjalanan selama 15-20 menit akan terbayar dengan menikmati keindahan alamnya, untuk menggoyang lidah wisatawan, nelayan siap menawarkan ikan bakar hasil tangkapan mereka di warung-warung sebesar 10.000-25.000 rupiah.

Tips
  1. Selalu lebihkan sedikit budget anda untuk keperluan mendadak selama dalam perjalanan
  2. Pastikan anda membuat daftar barang bawaan dan salah satunya jangan lupa membawa obat anti mual, khususnya yang ingin naik bus akap dan kapal ferry.
  3. Jangan lupa untuk selalu berpakaian sopan dan tertutup, buat wanita bawa kerudung bagi yang tidak berhijab
  4. Kamera dan handphone jangan sampai baterainya habis dan memorinya kepenuhan, charger serta powerbank jangan sampai ketinggalan
  5. Bawa kaca mata hitam dan topi sehingga anda bisa terhindar dari sengatan panas matahari, bila perlu gunakan krim anti matahari
  6. Jangan panik apabila sewaktu-waktu terjadi gempa, koordinasikan dengan pihak hotel bagaimana cara menyelamatkan diri
  7. Wisatawan yang hobi renang selalu waspada terhadap gelombang laut.
  8. Catat rute perjalanan, jangan sampai tersesat jika menggunakan kendaraan pribadi
  9. Tanyakan selalu tarif makanan maupun minuman yang dijual oleh pedagang.
  10. Jangan lupa bawa pakaian renang anda jika ingin berenang
  11. Bawa joran anda jika anda pecinta mancing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar